1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
- Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam. Sehingga dapat memberi kesan 3D pada material meskipun hanya sebuah texture 2D.
- Channel color adalah channel material untuk memberikan warna dasar material.
- Channel reflectance berfungsi untuk memberikan efek pantulan cahaya pada object.
- Channel luminance berfungsi untuk membuat material supaya tidak terpengaruh oleh cahaya dan bayangan karena material itu sendiri seperti mengeluarkan cahaya.
- Textures circle adalah tileset texture yang memiliki pola lingkaran dan loopable (dapat di pasang secara sejajar tanpa terlihat ada patahan pada pola tersebut).
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
Membuat material mirip lampu stadion
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Dari praktikum kali ini saya tahu bagaimana membuat efek lampu stadion dengan hanya memanfaatkan material. Dengan menggunakan luminance, material jadi tidak terpengaruh oleh cahaya yang kurang. Saya juga menambahkan efek glow untuk memberi kesan bercahaya. Namun hasil akhir dari praktikum kali ini masih terasa kurang karena tidak ada efek cahaya yang mempengaruhi material bagian samping object.

No comments:
Post a Comment