1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
4. Dasar Teori
Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
- Jelaskan perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path! Sebenarnya hampir sama, hanya saja di Cinema 4D memiliki sumbu z sehingga sedikit sulit untuk mengaturnya. Kita juga harus mengattach object yang ingin kita buat mengikuti path yang telah di buat (tidak harus camera.
- Jelaskan perbedaan antara Physical Sky dan Area Light! Physical sky hanya bertindak sebagai background 3D (360 derajat), namun kita juga dapat mengaktifkan sun/directional light melalui inspector pada sky. Sedangkan area light bertindak sebagai sumber cahaya yang memiliki jangkauan area berbentuk lingkaran.
- Jelaskan yang dimaksud material dan beri contoh penggunaannya! material berfungsi untuk memberi warna/texture pada suatu object. Kita dapat memanipulasi sebuah object terlihat seperti kaca, metal, atau bahkan batu dengan menggunakan material.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
- Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
- Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
- Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
- Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
- Menambahkan Material
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Setelah melakukan praktikum kali ini, saya bisa membuat path yang dapat digunakan jalur perpindahan camera. Dengan fitur ini saya bisa membuat animasi lebih terlihat dinamis dan membuat animasi lebih terlihat sinematik. Fitur path ini juga dapat diterapkan pada object lain selain kamera.

No comments:
Post a Comment