Friday, March 11, 2016

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material








1. Tujuan


Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

4. Dasar Teori

Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
  1. Jelaskan perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path! Sebenarnya hampir sama, hanya saja di Cinema 4D memiliki sumbu z sehingga sedikit sulit untuk mengaturnya. Kita juga harus mengattach object yang ingin kita buat mengikuti path yang telah di buat (tidak harus camera.
  2. Jelaskan perbedaan antara Physical Sky dan Area Light! Physical sky hanya bertindak sebagai background 3D (360 derajat), namun kita juga dapat mengaktifkan sun/directional light melalui inspector pada sky. Sedangkan area light bertindak sebagai sumber cahaya yang memiliki jangkauan area berbentuk lingkaran.
  3. Jelaskan yang dimaksud material dan beri contoh penggunaannya! material berfungsi untuk memberi warna/texture pada suatu object. Kita dapat memanipulasi sebuah object terlihat seperti kaca, metal, atau bahkan batu dengan menggunakan material.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
  1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
  2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
  3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
  4. Menambahkan Material

7. Hasil Praktikum

8. Kesimpulan

Setelah melakukan praktikum kali ini, saya bisa membuat path yang dapat digunakan jalur perpindahan camera. Dengan fitur ini saya bisa membuat animasi lebih terlihat dinamis dan membuat animasi lebih terlihat sinematik. Fitur path ini juga dapat diterapkan pada object lain selain kamera.

9. Referensi

Much. Misbachul Choiri Keep your hopes up high and your head down low

I'am a college student of Electronica Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS / PENS) majoring multimedia broadcasting. I was Born on Gresik, 10 July 1996. I spent 18 years on Surabaya The City of Heroes. I live on Jl. Tambak Langon Block 7C Number 17. My hobby is programming, designing, swimming, listening and playing music. I love Punk, Pop Punk, Electronic, and Post-Hardcore Music. I have Four family member.

No comments:

Post a Comment