1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
- hasil praktikum sebelumnya
- asset sekunder download
4. Dasar Teori
Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
- Jelaskan fungsi secondary Assets ? Secondary assets adalah object tambahan yang di gunakan untuk memperbagus primary asset. Dalam praktikum kali ini, secondari asset digunakan sebagi efek animasi yang digunakan untuk memperbagus animasi primary asset.
- Jelaskan fungsi F-Curves ? F-Curves di gunakan untuk mengendalikan speed dari animasi yang telah di buat. Kita bisa membuat kesan animasi yang lebih menarik dengan menggunakan f-curves.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
- Tambahkan secondary Assets
- Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
- Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
- Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
- Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Dalam praktikum kali ini, mungkin saya sedikit kesulitan dengan f-curves dan animasi rotasi pada logo utama. Saya sedikit kesulitan mengatur f-curve supaya mirip dengan yang ada di tutorial. Sehingga saya tambahkan banyak node, namun cara tersebut berbeda dengan cara yang ada di tutorial. Dan di akhir animasi pada logo utama, animasi rotasinya terasa mengganjal. Namun ketika saya render ternyata hal itu tidak terlalu terlihat.

No comments:
Post a Comment