Sunday, March 27, 2016

Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE


1. Tujuan

Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

2. Alat

Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
  • Jelaskan yang dimaksud dengan Camera Depth ! Camera depth adalah kedalaman/jarak object dari kamera. Di mana object yang tidak berada pada titik fokus kamera akan terlihat lebih pudar jika di bandingkan dengan object fokus kamera.
  • Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
  •  Depth of field – DOF, adalah ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Depth of Field (DOF) yang lebar berarti sebagian besar obyek foto (dari obyek terdekat dari kamera sampai obyek terjauh) akan terlihat tajam dan fokus. Sementara DOF yang sempit (shallow) berarti hanya bagian obyek pada titik tertentu saja yang tajam sementara sisanya akan blur/ tidak fokus.

  • Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggalsering untukmenciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dariadegan yang samaPenembakan live-action untuk compositingadalah berbagai disebut "chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lainSaat ini, kebanyakanmeskipun tidak semuacompositing dicapai melalui manipulasi gambar digital.


5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
    1. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
    2. Import masing-masing image sequences ke AE.
    3. Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
  1. Setting Camera DOF di C4D
  2. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
  3. Import masing-masing image sequences ke AE
  4. Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur

7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan

Tuliskan kesulitan-kesulitan yang kalian hadapi dan solusi yang kalian gunakan

9. Referensi

Much. Misbachul Choiri Keep your hopes up high and your head down low

I'am a college student of Electronica Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS / PENS) majoring multimedia broadcasting. I was Born on Gresik, 10 July 1996. I spent 18 years on Surabaya The City of Heroes. I live on Jl. Tambak Langon Block 7C Number 17. My hobby is programming, designing, swimming, listening and playing music. I love Punk, Pop Punk, Electronic, and Post-Hardcore Music. I have Four family member.

No comments:

Post a Comment